Tuesday 18 August 2015

Cara Pintar Merawat Layar Sentuh Hp Android Agar Awet Tidak Mudah Rusak

Inilah Tips Pintar Merawat Layar Sentuh Hp Android Agar Awet dan Tidak Mudah Rusak - Layar sentuh (Touchscreen) pada smartphone android ataupun ponsel pintar lainnya merupakan bagian terpenting, oleh karena itu kita harus menjaganya supaya tetap awet dan tahan lama.

Banyak cara yang dilakukan agar layar sentuh tetap terjaga dan tahan lama, diantaranya menggunakan lapisan tambahan yang ditempel pada LCD layar yang biasa disebut dengan Gorilla Glass. Dengan aksesoris pelindung ini setidaknya layar tidak langsung terkena goresan, air, ataupun panas.

Android

Jangan tunggu sampai layar sentuh error atau tidak berfungsi barulah kita bergegas mencari obatnya, maka dari itu saya memberikan beberapa langkah antisipasi atau tips untuk merawat Layar Sentuh ponsel Android Agar Awet dan tahan lama.

1. Bersihkan Layar

Secara tidak sadar kita sering kali memegang dan menggunakan smartphone Android dalam keadaan tangan yang belum bersih, baik setelah berolahraga, sedang berkendaraan, sehabis bersih-bersih rumah maka dari sanalah debu atau kotoran akan lengket ke layar. Maka sering-seringlah membersihkan layar menggunakan kain yang lembut.

2. Jangan Gunakan Ujung Pulpen Apalagi Kuku

Ada beberapa layar smartphone yang tidak respon jika disentuh dengan kuku atau ujungnya yang kecil dan ada juga yang bisa. Maka sebaiknya hindari karena kuku yang relatif runcing dan tipis bisa menggores layar cukup menggunakan ujung jari anda yang imut :) .

3. Jangan Tekan Layar

Sudah seharusnya layar hanya disentuh bukan ditekan apalagi memberikan tekanan yang keras ini bisa mengurangi respon sensitif.

4. Jauhkan dari Panas dan Sinar Matahari Langsung

Jangan gunakan ponsel layar sentuh anda ketika di bawah terik atau layar terkena sinar matahari langsung. Sinar yang panas tersebut bisa saja mengganggu.

5. Gunakan Aksesoris Pelindung Layar

Biasanya ketika beli Hp baru kita ditawari pelindung layar smartphone, jika anda masih punya kelebihan uang sebaiknya jangan malas untuk membelinya selain bisa berfungsi melindungi harganya juga relatif murah.

6. Jangan Hidupkan Layar Terlalu Lama jika Tidak Digunakan

Seaktif apapun kita menggunakan smartphone Android setiap hari tapi pasti ada istirahatnya maka ketika kita tidak menggunakannya sebaiknya matikan layar atau jika perlu matikan Hp untuk menghemat baterai sekaligus mengistiratkan perangkat tersebut.

7. Jauhkan dari Benda Tajam

Menggunakan kuku mungkin hanya meberikan goresan pada layar, tapi benda tajam seperti pisau, gunting, dan barang-barang tajam lainnya bisa berefek kerusakan fatal pada ponsel kesayangan anda. Maka pastika Android anda ditaruh/disimpan ditempat yang aman.

8. Jangan Taruh Layar di Posisi Bawah.

Jika Hp ditaruh pada tempat yang lembut dan halus seperti di atas kasur dan bantal ini tidak akan menjadih masalah, tapi jika ditempat kasar seperti lantai rumah, tempat duduk sebaiknya dihindarkan, karena debu-debu dan pasir terkadang tidak terlihat namun tetap bisa menempel pada layar jika terjadi gesekan maka layar akan rusak.

9. Gunakan Pelindung Tambahan

Selain pelindung layar Hp Android  biasanya juga disediakan beberapa perlengkapan keamanan seperti tas/sarung/casing atau sejenisnya ini bisa menambah keamanan layar sentuh.

10. Jangan ditaruh di Dalam Kantong Celana yang Sempit

Sudah menjadi kebiasaan kita selalau menaruh Hp dalam kantong celana yang ketat/sempit. Tentu ini bisa memberikan tekanan yang berlebih pada perangkat tidak saja pada layar tapi juga ke body Hp secara keseluruhan. Ada baiknya menggunakan sarung atau tas smartphone.

11. Jauhkan dari Magnet

Berhubungan dengan sensitifnya layar sentuh Hp Android kemungkin magnet juga bisa mengaggu, sebaiknya jauhkan dari bahan-bahan yang mengandung magnet.

Itulah beberapa tips cara merawat dan menjaga layar sentuh Hp Android agar awet tahan lama dan tidak mudah rusak, semoga tulisan ini bisa memberikan antisipasi dini untuk ponsel kesayangan anda. Terima kasih

Artikel Terkait

Cara Pintar Merawat Layar Sentuh Hp Android Agar Awet Tidak Mudah Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email