Friday 31 July 2015

Cara Membuat Hotspot WiFi di Hp Android tanpa Modem

Cara Membuat WiFi sendiri di Hp Android - Pada saat ini modem sudah menjadi salah satu alat yang digunakan untuk konek ke dunia internet bahkan juga digunakan sebagai hotspot untuk berbagi koneksi. Namun, sekarang kita bisa memanfaatkan Smartphone Android sebagai hostspot WiFi dan pengganti modem. Hanya dengan beberapa setingan saja Hp anda bisa disulap menjadi modem.

Hotspot Wifi biasanya kita jumpai di tempat-tempat ramai seperti mall, supermarket, cafe, dsb. Untuk membuat hotspot tersebut biasanya menggunakan modem dan biayanya relatif lebih mahal. Tapi, dengan Android anda bisa berbagi koneksi internet bersama teman tanpa harus repot-repot membuat hotspot WiFi dari modem.

Hotspot Wifi Android

Dengan jarak maksimal 10 meter kita bisa share internet ke perangkat lain dari smartphone. Kapanpun dan dimanapun anda bisa berbagi jaringan ini asalkan Hp untuk berbagi internetnya sudah terkoneksi dengan jaringan internet.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian menjadikan Android sebagai Wifi Hotspot diantaranya kita tidak butuh modem lagi untuk berbagi koneksi dan bisa menghemat biaya karena cukup satu Hp saja yang konek ke internet untuk dishare. Kerugiannya tidak begitu besar yaitu battery hp cepat low dan akan banyak menyedot data karena dipakai beberapa orang.

Membuat Hotspot Wifi di Hp Android ini sudah lama adanya, hanya saja mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui dan memanfaatkannya. Untuk itu saya akan memberikan tutorial singkatnya, bagaimana setting WiFi sendiri di Smartphone Android. Berikut ini langkah-langkahnya;

1. Silahkan hidupkan HP Android kesayangan anda :) .

2. Buka Menu Setting / Pengaturan di Smartphone anda.

3. Buka Nirkabel dan Jaringan

4. Pilih Tethering dan Portable Hotspot

5.  Klik Pengaturan Hotspot Wi-Fi Portable. "Pilihan Penambahan USB" digunakan jika menggunakan Kabel USB dalam share wifi nya.

6.  Pilih dahulu Konfigurasi Hotspot Wi-Fi Portable lalu masukkan;

  • SSID Jaringan : Nama WiFi yang diinginkan misalnya Free Wi-Fi
  • Pengaman : Pilih modem kemanannya misalnya WPA2 PSK atau Open jika tidak ingin mengunci hotspotnya
  • Kata Sandi : Masukkan password yang diinginkan minimal 8 karakter

7. Lalu Klik Simpan

8. Setelah pengaturan diatas sudah dibuat, saatnya menghidupkan Hotspot Portable Android anda dengan menceklis Hotspot WiFi Portable , silahkan tunggu beberapa detik maka WiFi yang anda buat akan terdeteksi di perangkat lain. Silahkan konek dan sekarang teman anda bisa browsing di internet.


Sekian Informasi Cara Membuat Hotspot WiFi di Hp Android tanpa Modem yang mudah dan simpel. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Cara Membuat Hotspot WiFi di Hp Android tanpa Modem
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email