Thursday 13 August 2015

Cara Menghemat Pemakaian Daya Baterai Hp Android

Cara Mengurangi Konsumsi Daya Baterai Smartphone Android – Handphone canggih saat ini yang biasa disebu smartphone Android selalu dijadikan pegangan utama untuk kebutuhan sehari-hari dalam dunia teknologi. Baik digunakan untuk berfoto, konek ke internet, menggunakan GPS, dsb. Tapi, tanpa sadar kita telah melakukan pemborosan penggunaan daya batrai yang terkadang tidak perlu dilakukan. Berbagai cara yang bisa dilakukan agar kita selalu bisa menghemat penggunaan daya battery.

Sering kali pengguna Android mengeluhkan cepat sekali baterai ngedrop atau lowbet, tapi kita tidak memahami kenapa itu bisa terjadi. Sepintas hal ini sepele, tapi ini akan menjadi sangat penting jika tiba-tiba anda ingin menelpon seseorang karena ada malasalah tapi baterai hp low. Maka tujuan utama artikel ini yaitu mengajak anda semua untuk bisa mensetting Hp android agar bisa selalu menghemat pemakaian daya dan tentu dapat memperpanjang masa pakai baterai.



Untuk menghemat daya baterai ini, kita tidak membutuhkan bantuan applikasi / software sama sekali jadi ini bisa menghemat memori penyimpanan dan penggunaan RAM Android. Langkah-langkah simpelnya bisa anda perhatikan di bawah ini.

Ini dia trik Menghemat Pemakaian Daya Battery Hp Android;

1. Buka setting / menu pengaturan pada Hp Android anda.

2. Buka Mode Hemat Daya

3. Lalu ceklis Gunakan Mode Hemat Daya,

Maka secara otomatis list pengaturan di bawah akan aktif (bisa diatur sesuai keinginan)

Pada Mode Hemat Daya Pada <- Ini untuk menentukan mode hemat daya aktif pada keadaan tertentu, misalnya pada 50% daya baterai.

Selanjutnya pengaturan lanjutan  pada “Pengaturan mode hemat daya”. Pengaturan berikut ini berlaku ketika anda mengaktifkan/ceklis “Gunakan Mode Hemat Daya” pada point 4.

  • Ceklis “Matikan Wi-Fi” Jika WiFi tidak tersambung dengan access point sebaiknya matikan saja.
  • Matikan Bluetooth : Bluetooth yang tidak digunakan sebaknya dimatikan, karena ini juga bisa menyedot daya baterai smartphone Android.
  • Matikan GPS : ini juga akan menguras batrai, maka matikan jika sudah tidak digunakan.
  • Matikan sinkron : Saat telepon tidak terhubung dengan server maka matikan sinkron,, karena sinkron akan bekerja pada interval waktu tertentu, jika tidak ada koneksi maka sinkron tidak akan terjadi dan daya baterai tetap dipakai.
  • Ceklis Pencerahan : Pencerahan / terang sinar layar pada Hp sangat mempengaruhi daya baterai. Jika anda dalam gelap sangat disarankan gunakan kecerahan yang sangat rendah, karena tetap akan terlihat jelas. Kecerahan dapat diubah sesuai keinginan, jangan terlalu terang dan jangan terlalu gelap.
  • Terakhir Layar Habis Waktu : Ini adalah pengaturan waktu jeda sesat pada layar Android sampai mati/gelap otomatis. Aturlah sesuai keinginan, jangan gunakan waktu jeda yang terlalu lama. Ini sangat cepat mengurai Baterai Hp anda.
Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan pada Smartphone kesayangan masing-masing. Cara-cara diatas sebenarnya sudah umum dan bisa disetting pada Hp masing-masing, namun ada beberapa tambahan yang mungkin anda belum tau diantaranya;
  1. Matikan / nonaktifkan Hp saat tidak mendapatkan sinyal, misalnya dipedalaman atau didaerah terpencil.
  2. Sebaiknya Uninstal aplikasi serupa/mirip dan jarang digunakan, apalagi aplikasi yang selalu menuntut terus konek ke internet. Tentu akan menyedot daya.

Itulah beberapa tips Cara Menghemat Pemakaian Daya Baterai Hp Android. Semoga ini bermanfaat. Terima kasih

Artikel Terkait

Cara Menghemat Pemakaian Daya Baterai Hp Android
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email