Tuesday 14 May 2013

Pengertian dan Fungsi Defragmentasi pada PC Windows

Pengertian dan Fungsi Defragmentasi pada PC Windows, Defragmen adalah sebuah software atau fitur yang terdapat pada sistem operasi yang berguna untuk mengatur/menyusun kembali data yang telah bertumpuk dan diletakkan tidak pada tempatnya. Aplikasi defrag ini sudah terdapat pada sistem operasi dari Microsoft sebagai software bawaan, sudah ada sejak WIndows XP, Windows Vista, Windows 7, bahkan Windows 8. Sobat bisa juga download / beli software defrag dengan versi lainnya yang banyak ditawarkan di internet.
Defragmentasi

Jadi, sudah jelas Fungsi Defragmentasi adalah membantu mempercepat akses ke sebuah data pada drive komputer sobat, melalui penyusunan dan mengatur kembali data pada perangkat PC dengan begitu waktu untuk mengakses data lebih cepat dikarenakan data-data yang tadi bercampur/berantakan akan ditaruh kembali pada tempatnya. Sobat bisa kapan saja defrag PC, bisa sobat lakukan dengan manual atau bisa juga dijadwal/schedule.
Agar lebih memahami apa itu defrag/defragmentasi silahkan pahami ilustrasi berikut ini. Misalkan sobat putrakomputer.com memiliki sebuh perpustakaan yang besar dan memiliki koleksi buku begitu banyak, nah perpustakaan tersebut kita anggap sebuah komputer/PC lalu sobat mengambil beberapa buku dan membuat catatan tambahan pada buku sehingga buka tidak muat lagi pada tempatnya semula sehingga separuhnya harus diletakkan tempat kosong lainnya. Lalu sobat menambah koleksi buku baru tambahan dari hasil menual buku dari koleksi sebelumnya. Maka buku baru tentu tidak akan muat/kelebihan tempat, dikarenakan jumlahnya lebih kecil dari buku yang dijual, sehingga ada ruang kosong pada rak. Sobat melakukan uni berulang-ulang tentu akan menjadi berantakan. Di sini lah fungsi defragmentasi yang akan mengatur kembali koleksi buku tersebut dengan artian buku tersebut adalah data pada komputer.
Dengan adanya bantuan aplikasi ini sobat tidak perlu kwatir lagi data akan berantakan, karena akan disusun kembali dengan rapi dan membuat akses data akan lebih cepat oleh software ini. Sobat jangan berpikiran penyusunan data berarti memindahkan file dalam PC dari satu tempat ke tempat lainnya, buka seperti itu tapi penyusunan data.

Semoga sedikit penjelasan dan ilustrasi yang sedikit membingungkan bisa membantu sobat mengetahui Pengertian dan Fungsi Defragmentasi pada PC. Untuk posting selanjutnya saya kan memnyampaikan bagaimana menjalankan Defrag dan membuatnya terjadwal pada komputer. Terima kasih

Artikel Terkait

Pengertian dan Fungsi Defragmentasi pada PC Windows
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email